Pokok Pembicaraan

Halo para pembaca. Jumpa lagi dengan saya. Nah .. Kali ini saya akan menjelaskan tentang pokok - pokok pembicaraan.

Teman - teman tau gak? Saat kita belajar bahasa Indonesia ,sebenernya kita belajar tentang 4 keterampilan berbahasa yaitu : 
- berbicara
- menyimak 
- membaca
- menulis 

Pada saat ini saya akan membahas salah satu dari 4 keterampilan berbahasa yaitu menyimak. Nah .. Ternyata menyimak dan mendengar adalah 2 hal yang berbeda loh. Apa perbedaannya? 

Menyimak , kalau menyimak itu, kita mendengarkan orang berbicara tapi kita juga harus mengerti orang tersebut berbicara tentang apa dan isi - isi pembicaraanya.contohnya , guru sedang menjelaskan tentang materi untuk ulangan , agar kalian mengerti apa yang dijelaskan oleh guru tersebut maka kalian harus fokus dan meresapi setiap kalimat yang dijelaskan oleh guru itu. Atau contoh lainnya, misalnya kita sedang menonton sebuah film, saat menonton film pasti kita fokus dan konsentrasi menonton film tersebut agar kita dapat mengerti alur cerita dari film tersebut, nah maka dari itu saat film selesai, biasanya kita dapat menyimpulkan film tersebut dan dapat menceritakan secara singkat cerita dari film tersebut. Dapat disimpulkan bahwa menyimak adalah kegiatan mendengarkan, memahami ,dan mengerti. 

Mendengar, kalau mendengar ,ibaratnya seperti masuk kuping kanan keluar kuping kiri. Jadi kita hanya mendengar tapi tidak menyimak dan tidak meresponinya, misalnya bunyi suara kendaraan yang lewat atau bunyi suatu gedung yang sedang dibangun. Nah ada 2 faktor yang menyebabkan kita hanya mendengar dan tidak menyimak : 
1. Faktor dari dalam.
    Faktor ini disebabkan karena dari dalam diri kita,misalnya kita memikirkan hal - hal lain saat guru
    sedang menjelaskan atau kita mengantuk saat pelajaran bahasa Indonesia karena kita bergadang
    subuh - subuh.
2. Faktor dari luar.
    Faktor ini disebabkan dari luar diri kita atau oleh lingkungan sekitar. contohnya, saat guru sedang
    menjelaskan, teman kita mengajak ngobrol dan mengganggu kita. Atau contoh lainnya, saat teman
    sedang bercerita tiba - tiba ada suara anak - anak sedang bermain dan teriak - teriakan.

Teman - teman sekalian, 4 keterampilan berbahasa itu dibagi menjadi 2 bagian utama yaitu bahasa dan Sastra. Nah.. sastra ini dibagi ke dalam 2 bagian yaitu drama dan cerpen. Sastra ini juga mempunyai 2 unsur yaitu:
- unsur Intrinsik yaitu berisi tema, latar, alur, tokoh, penokohan, amanat, dan sebagainya.
- unsur ekstrinsik yaitu berisi latar belakang pengarang

Sekarang mari kita membahas tentang pokok pembicaraan. Pokok pembicaraan adalah inti dari suatu pembicaraan. jadi saat seseorang sedag berbicara, kita tahu inti dari pembicaraan tersebut, misalnya ibu Susi adalah seorang guru di SD Pelangi 2. Ia mempunyai rambut yang panjang, memakai kacamata dan suka bercanda saat sedang mengajar di kelas. Nah pokok pembicaraan tersebut adalah tentang Bu Susi adalah seorang guru di SD Pelangi 2. Mengapa? karena pembicaran tersebut sedang membahas tentang Bu Susi tersebut.

Sekian dari penjelasan saya. Mohon maaf jika ada kesalahan, Terimakasih :)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pokok Pembicaraan "