Perbedaan kualitatif dan kuantitatif

Halo para pembaca, kembali lagi dengan blog aku nih , di blog aku yang kali ini, aku akan menjelaskan kepada para pembaca semua tentang perbedaan kualitatif dengan kuantitatif. Nah, biasanya dalam karya tulis atau makalah ada yang namanya teknik pengumpulan data, teknik ini ada 2 yaitu dengan cara kualitatif dan kuantitatif. Apa sih perbedaanya?

Kuantitatif itu adalah teknik pengumpulan data yang datanya menggunakan angka atau nomor. Instrumen yang dipakai oleh kuantitatif ini adalah angket. Nah kalau data sudah terkumpul maka penulis akan membuat diagram dari data - data yang sudah diambil. Kuantitatif ini juga mempunyai sampel yang banyak.

Kualitatif itu adalah teknik pengumpulan data yang datanya menggunakan kalimat bukan angka atau nomor. Nah instrumen yang dipakai oleh kualitatif ini adalah wawancara, contohnya mewawancarai orang yang mengalami kejadian yang sesuai dengan judul karya tulis anda atau orang/saksi yang melihat kejadian tersebut secara langsung. Kalau data - data sudah terkumpul maka penulis akan membuat kesimpulan dari hasil data - data tersebut. Kualitatif ini mempunyai sampel yang sedikit

Kalau secara gampang, perbedaan kualitatif demgan kuantitatif dapat dibilang kalau kuantitatif itu data nya berupa angka,diagram dan instrumen yang biasa dipakai adalah angket, dan mempunyai sampel yang banyak . Kalau kualitatif itu datanya berupa kalimat dan instrumen yang biasa dipakai adalah wawancara, dan mempunyai sampel yang sedikit.


  • Demikian perbedaan kualitatif dan kuantitatif yang bisa aku jelasin , mohon maaf jika ada kesalahan penulisan. Terimakasih :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan kualitatif dan kuantitatif "